FENOMENA YANG TERJADI DI INDONESIA

Langit terbelah di Yogyakarta pada 11 Juni lalu, cahaya matahari membentang membelah langit. Ternyata ini fenomena biasa, berikut penjelasan via Foto & Video Langit Terbelah :

Image

Fenomena yang terjadi di Yogyakarta adalah sinar Anticrepuscular atau Anticrepuscular rays,sebuah fenomena alam biasa yang terjadi dimanapun di belahan bumi ini. Sebelum memahami apa itu Anticrepuscular rays, mari kita bahas apa yang disebut dengan Crepuscular rays

Sering melihat pemandangan matahari seprti diatas? tentu saja. Nah, pemandangan diatas disebut denganCrepuscular rays.

Crepuscular rays

 

Sinar Crepuscular rays, di optik atmosfer, adalah sinar matahari yang mun cul memancar dari satu titik di langit. Sinar ini, yang memancar melalui celah-celah awan atau antara objek lainnya, adalah kolom udara yang diterangi matahari dan  dipisahkan oleh daerah awan gelap-gelap.

 

Nama Sinar Crepuscular rays  berasal dari kejadian yang sering mereka selama jam Crepuscular (yaitu di sekitar fajar dan senja), ketika kontras antara terang dan gelap yang paling jelas.


Anticrepuscular rays

 

sinar Anticrepuscular mirip dengan sinar crepuscular rays, tetapi bedanya terlihat berada di tempat yang berlawanan dari matahari.. Sinar matahari bergerak pada garis lurus, tetapi proyeksi dari garis-garis pada bola atmosfer bumi adalah lingkaran-lingkaran besar.

 

Oleh karena itu, sinar crepuscular rays yang bergerak dalam pola garis lurus dari saat setting matahari  (saat posisi  terbit atau tenggelam)terlihat mengalami Konvergensi ulang di Titik Antisolar (Titik langit yang berlawanan dengan arah matahari).
Image

Image

Image

Image

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masih Nubie kk... maklum yah
%d blogger menyukai ini: